Berita

Peran Media Mainstream Sangat Penting

Banjarnegara – Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono, mengatakan, wartawan baik media cetak, elektronik dan online memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan pembangunan Kabupaten Banjarnegara. Hal tersebut disampaikan bupati dalam acara buka bersama dengan warga sekitar, juga wartawan anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Banjarnegara di halaman Pringgitan rumah dinasnya, Kamis malam (23/5/2019).


“Saya bisa tahu perkembangan dan situasi wilayah tak lepas dari peran teman-teman wartawan juga,” kata bupati.

Menurut bupati, wartawan atau media memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan pembangunan Kabupaten Banjarnegara. Menurutnya, melalui peran wartawan, membantu mengawal semua program maupun kinerja pemerintah dalam membangun Kabupaten Banjarnegara.

“Yang pasti banyak membantu serta menjembatani kepentingan masyarakat. Saya dapat laporan ada bayi terlantar, ada orang yang sedang membutuhkan penanganan medis, ada peristiwa, itu juga dari wartawan disamping laporan staf kami,” imbuhnya.

Karena itu, kata budi, dirinya mendorong peningkatan kualitas dan mutu penyajian berbagai informasi yang disampaikan oleh wartawan. Salah satunya melalui Uji Kompetensi (UKW) yang diadakan oleh PWI.

“Di era kebebasan informasi dewasa ini, Pemerintah harus menghargai media mainstream yang menyajikan berita jauh lebih santun, komprehensif dan terverivikasi untuk menangkal media lain yang bermuatan hoax, isyu SARA dan ujaran kebencian,” lanjutnya.

Namun begitu, menurut Budhi, Pemerintah juga perlu kritik dan diberi masukan yang membangun dan itu merupakan peran dari teman-teman wartawan.

“Kalau tidak ada wartawan, kinerja pemeritah tidak ada yang memberitakan, tidak ada yang mengawasi,” terangnya.

Dirinya berharap, insan media mampu untuk meningkatkan kompetensi wartawan khususnya di Kabupaten Banjarnegara. Dengan begitu, para wartawan mampu untuk menyajikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat dan perkembangan Kabupaten Banjarnegara selanjutnya.

Acara buka bersama dan ramah tamah dihadiri sekitar 15 orang wartawan anggota PWT, dan sekitar 200 orang warga masyarakat umum.

Bahar Ibnu mewakili PWI Banjarnegara juga berharap kerja sama dengan Pemkab dapat terjadlin dengan lebih baik. Ia menyampaikan apresiasinya pada kinerja Pemkab yang terus berusaha membenahi pembangunan dan mengejar ketertinggalan.

“Kami ucapkan selamat atas prestasi yang diraih. Setelah dua tahun di bawah kepemimpinan Bapak Bupati, alhamdulillah sudah banyak kemajuan. Jalan-jalan sudah bagus,” kata Ibnu.

Dari warga masyarakat diwakili Rusmono, yang juga menyampaikan apresiasinya pada kinerja pemerintah daerah.

Acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati Budhi Sarwono kepada ketua PWI Pokja Banjarnegara, Elis Novit, yang dilanjutkan buka puasa bersama. *** (muji prasetyo)

Sumber : https://banjarnegarakab.go.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.